USDJPY Menguat ke 114.88 Pasca-Aksi Buyback BOJ

By on January 27, 2017

USDJPY menguat setelah yen melemah di seluruh perdagangan mata uang global menyusul keputusan Bank of Japan (BOJ) untuk berpartisipasi dalam operasi pasar obligasi saat ini. Saat penulisan USDJPY diperdagangkan di 114.88 atau menguat 0,33% setelah sebelumnya sempat menyentuh level 115.

BOJ telah membuat penawaran untuk membeli kembali (buyback) obligasi pemerintah Jepang senilai lebih dari 2,5 triliun yen dari tenor kurang dari 1 tahun sampai 10 tahun sekaligus menghilangkan kekhawatiran BOJ sedang  mempertimbangkan tapering atau pengurangan stimulus.

Tidak berpartisipasinya BOJ dalam pembelian obligasi awal pekan ini menyebabkan peningkatan penjualan di pasar pendapatan tetap, yang pada gilirannya memungkinkan Yen tetap cukup kuat sampai kemarin.

Pasar  yakin bahwa BOJ akan terus terlibat dalam program pembelian obligasi bulanan seperti yang direncanakan. Pasar yakin jika pada dasarnya BOJ tidak punya niat mengeluarkan kebijakan tapering.

Mengenai alasan BOJ tidak membeli obligasi di awal pekan ini, Shuichi Ohsaki, Tarif Strategist di Merrill Lynch (Jepang), memberikan pandangannya.

“Disebabkan BoJ membeli  dan investor asing juga agresif membeli obligasi maka stok obligasi yang bisa dijual sudah habis, sehingga BoJ mungkin telah memutuskan untuk mengurangi pembelian. Kemungkinan lain adalah bahwa BoJ menilai yield sudah relatif terlalu rendah dari target kurva yield BOJ,”ujarnya.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty