USDJPY Melemah Seiring Spekulasi Kebijakan BOJ

By on September 16, 2016

USDJPY menuju pelemahan 2-pekan beruntun dengan fokus pasar yang lebih besar pada hasil rapat moneter Bank of Japan (BOJ) dibandingkan Federal Open Market Committee (FOMC), yang sama-sama diumumkan pada hari Kamis, 22 September.

Perusahaan finansial terkemuka, Credit Suisse, mengungkap hal ini berdasarkan hasil analisis korelasi tiga mata uang utama (yen, euro, dan dolar AS) dengan peningkatan korelasi yen (JPY) terhadap dua mata uang lain menunjukkan dominasi yen seabagai penggerak utama volatilitas, dibandingkan euro dan dolar AS (gambar 1).

Pasar meragukan kemampuan bank sentral Jepang memulihkan perekonomian terutama setelah keputusan mengadopsi kebijakan suku bunga negatif (Negative Interest Rate Policy) pada bulan Januari malah membuat valuasi yen lebih tinggi 15% dibandingkan sebelum NIRP. Reuters mengutip sumber yang mengatakan BOJ tengah mempertimbangkan NIRP sebagai kunci dari langkah pelonggaran moneter dan ini direspon pasar sebagai keterbatasan BOJ dalam perencaaan stimulus ekonomi. USDJPY dapat melemah jika pasar menganggap kebijakan terbaru BOJ dianggap kurang agresif.

Sampai dengan pukul 06:50 WIB, USDJPY diperdagangkan di level 101.98. (YS)

Gambar 1

Sumber: eFXplus

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty