Referendum Inggris Memutuskan Untuk Brexit

By on June 24, 2016

Kampanye Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa berhasil di hari Jumat, sehingga memicu kepanikan pasar global seiring upaya para investor memprediksikan apa yang dapat terjadi kedepannya karena keputusan Brexit ini akan memberikan banyak pertanyaan untuk ekonomi Inggris, keuangan dan masa depan politik.

Berdasarkan arikel 50 dari pakta Lisbon, prosedur untuk mengundurkan diri dari EU akan membutuhkan waktu 2 tahun, maka periode tersebut merupakan waktu yang dimiliki oleh Inggris untuk menegosiasikan hubungan baru dengan blok Uni Eropa.

Mengingat keputusan tertinggi untuk keluar dari EU ada di parlemen Inggris, maka PM David Cameron secara legal tidak terikat pada hasil referendum ini. Namun Cameron dan administrasi pemerintahan nya akan menghadapi tekanan politik yang besar jika memutuskan untuk tidak mengikuti hasil referendum yang memutuskan untuk Brexit.

Reaksi pasar global pada hasil voting ini adalah, Poundsterling melemah tajam tembus dibawah 1.3300, level terendah sejak tahun 1980an terhadap Dollar, sedangkan GBPJPY anjlok 16 persen dan merosot 7.2 persen terhadap Euro.

Sementara indeks saham FTSE London merosot hampir 8 persen, kekacauan di pasar saham ini menular ke indeks Topix Jepang melemah 6.2% dan Nikkei jatuh -6.3%. Di Australia indeks saham turun -3.8%, dan S&P500 futs merosot -3.5%.

Emas justru reli ke level tertinggi nya dalam 2 tahun terakhir ke level $1343 per troy ons. Safe haven lainnya seperti Yen dan Swiss juga turut menguat tajam sehingga memperbesar peluang intervensi BoJ.

Di pasar negara emerging, prospek Brexit menambah sentimen pengalihan resiko, dan menekan emerging market.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty