Minyak Kembali Melemah Seiring Kecemasan Produksi Minyak OPEC

By on October 25, 2016

Minyak mentah AS berjangka anjlok seiring keraguan atas proposal pemangkasan output OPEC, terutama setelah IRak memberikan sinyal untuk tidak mengikuti kesepakatan tersebut.

Terpantau sejauh ini harga minyak mentah AS berjangka untuk kontrak bulan Desember melemah -0.12% di level $50.46 per barrel, setelah meraih titik tertinggi harian di $50.63 dan level terendah hariannya di $50.37 per barrel.

Pejabat resmi OPEC melaporkan bahwa pihaknya tidak akan mengurangi output, yang kini berada di level 4.77 juta barrel per hari. Irak merupakan negara produsen OPEC terbesar kedua setelah Saudi Arabia, sehingga memberikan kontribusi signifikan terhadap komitmen pemangkasan produksi minyak OPEC. Alhasil perubahan sikap Irak berisiko untuk membatalkan kesepakatan.

Rapat OPEC dijadwalkan berlangsung pada 30 November untuk mendiskusikan pembatasan produksi grup OPEC dibawah 33 juta barrel per hari, yang telah membantu reli harga minyak sebesar 30% kurang dari 3 bulan.

Selain Irak, member OPEC lainnya seperti Iran, Libya dan Nigeria diperkirakan tidak akan mengikuti kesepakatan tersebut, sementara Russia juga masih kecil kemungkinan mengikuti kesepakatan pembatasan produksi.

Harga minyak juga tertekan setelah sejumlah sumur pengeboran minyak AS yang aktif kembali menunjukkan kenaikan. Di pekan lalu jumlah sumur pengeboran minyak naik 11 rig menjadi 443 rig. Jumlah sumur pengeboran minyak AS biasa dijadikan proxy atas aktivitas sektor tersebut, setelah sempat mencapai puncak di level 1,609 pada Oktober 2014, pelemahan harga minyak memberikan tekanan pada produksi sehingga jumlah rig menurun drastis. Namun jumlah rig minyak telah menunjukkan trend naik sejak awal musim summer ini, dan diperkirakan masih berpotensi meningkat.

Dari sisi permintaan, impor minyak mentah China naik 18% di bulan September, sementara ekspor bahan bakar bensin naik 37%, dan eksport diesel naik 44% dibanding periode yang sama thaun sebelumnya.

Terpantau sejauh ini harga gasoline futures melemah -1.8% ke level $1.5038, penurunan harian terbesar sejak 20 September, sementara Diesel futures menguat 0.4% ke level $1,5798 per gallon, kenaikan untuk 4 hari berturut-turut dalam 5 hari terakhir.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty