Market Movers: RBA dan BoJ Menjadi Fokus Pasar Hari ini

By on November 1, 2016

Dua bank sentral utama dunia, Bank of Japan dan Reserve Bank of Australia, akan mengumumkan kebijakan moneter hari ini. Meski diperkirakan belum akan merubah kebijakan, namun volatilitas pasar berpotensi meningkat merespon pernyataan-pernyataan dari kedua bank sentral tersebut.

Reserve Bank of Australia (RBA)
Setelah menurunkan suku bunga di bulan Agustus, bank sentral Australia ini diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga 1,5% pada hari Selasa, terlebih inflasi di kuartal ketiga menunjukkan kenaikan 0,7% dari kuartal kedua sebesar 0,4%. Meski demikian pernyataan RBA mengenai outlook perekonomian serta indikasi penurunan suku bunga kedepannya perlu diperhatikan.

Bank of Japan (BoJ)
Pasca mengumumkan perubahan skema pembelian aset, Bank of Japan diperkirakan belum akan merubah kebijakan di hari Selasa, namun BoJ diperkirakan akan menurunkan proyeksi inflasi yang berpotensi berdampak negatif bagi kurs yen, dan membawa naik pergerakan USDJPY.

Selain kedua bank sentral tersebut, beberapa data yang memperngaruhi pasar hari ini antara lain:

Data Aktivitas Manufaktur China
Data versi pemerintah China menunjukan kenaikan laju ekspansi ke level tertinggi dua tahun sebesar 51,2, angka yang sama juga dirilis oleh Caixin. Data ini memberikan sentimen positif ke bursa dan AUDUSD.

Data Aktivitas Manufaktur Inggris
Aktivitas manufaktur Inggris masih menunjukkan ekspansi yang apik pasca Brexit, meski di bulan Oktober diperkirakan menurun menjadi 54,6 dari sebelumnya 55,4. Data ini akan mempengaruhi pergerakan GBPUSD sebelum perhatian tertuju ke pengumuman kebijakan moneter Bank of England hari Kamis.

Produk Domestik Bruto (PDB) Kanada
PDB Kanada bulan Agustus diperkirakan naik 0,2% dari bulan sebelumnya 0,5%. USDCAD akan terpengaruh dengan data ini, selain itu pasar juga menanti pidato Gubernur Bank of Canada pukul 23.00 WIB.

Data Aktivitas Manufaktur AS
Diperkirakan naik tipis menjadi 53,3 dari sebelumnya 53,2, dollar kemungkinan akan menguat jika data ini dirilis lebih tinggi dari perkiraan. Sebaliknya emas kemungkinan akan tertekan.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty