Market Movers: PM Italia Mengundurkan Diri, Pasar Sedikit Bergejolak

By on December 5, 2016

Hasil awal referendum reformasi konstitusi Italia menunjukkan kemenangan “no”, yang berarti kekalahan PM Italia Mateo Renzi. PM Renzi yang sebelumnya mengatakan akan menundurkan diri jika proposal reformasi tersebut ditolak menepati ucapannya, dan akan mengajukan pengunduran diri ke Presiden Italia Sergio Mattarella.

Pasar menjadi sedikit bergejolak akibat kekalahan dan pengunduran diri PM Renzi, pasangan EURUSD merosot lebih dari 1% di awal perdagangan, menyentuh level terendah harian 1.0505, sementara emas sempat menguat ke 1187.89, sebelum berbalik melemah dan menyentuh level terendah harian 1171.48.

PM Renzi yang mengajukan referendum reformasi konstitusi guna membatasi wewenang Upper House (Senat) Italia, sehingga kebijakan dari pemerintah hanya perlu disetujui oleh Lower House (DPR). Namun proposal reformasi tersebut ditolak oleh warga Italia, pemilih “no” menang telak.

Pengunduran diri PM Renzi memicu ketidakstabilan politik di Italia, pemilu kemungkinan diadakan lebih cepat. Beberapa analis memperkirakan pemilu akan diadakan pada kuartal kedua atau ketiga 2017, dan dapat menjadi momentum bagi partai Five Star Movement untuk memperoleh dukungan. Partai Five Star Movement selama ini terus menyuarakan referendum keanggotaan Italia di zona euro.

Pelaku pasar juga cemas kekalahan PM Renzi tersebut akan menghambat restrukturisasi sistem perbankan Italia yang memiliki kinerja buruk, 14 bank besar Italia dilaporkan memiliki €286 milyar kredit macet.

Selain itu, data-data ekonomi yang akan mempengaruhi pasar hari ini adalah indeks aktivitas sektor jasa dari Inggris yang diperkirakan turun tipis menjadi 54,2 di bulan November, dari sebelumnya 54,5. GBPUSD yang melemah kemungkinan akan tertekan. Sementara dari AS akan dilaporkan data aktivitas non-manufaktur yang diprediksi menunjukkan peningkatan ekspansi, sehingga berpeluang menguatkan dollar lebih lanjut.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty