Market Movers: Pasar Keuangan Global Mempertimbangkan Penguatan Dollar

By on November 14, 2016

Dollar AS menguat di awal perdagangan sesi Asia hari Senin, menyentuh level terkuat dalam sembilan bulan, di tengah meningkatnya permintaan terhadap aset beresiko di pasar global yang dipicu oleh terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS yang baru. Penguatan dollar disebabkan oleh ekspektasu bahwa pemerintahan Trump akan meningkatkan jumlah belanja, yang akan menaikan inflasi dan melonjakan yield Treasury AS. Saat ini yield Treasury AS naik ke level 2.18%, ke level tertinggi 10 bulan di sesi Asia.

Pasar ekuitas Asia bergerak mixed di awal pembukaan sesi hari Senin di tengah pasar yang saat ini sedang dalam mencari aset beresiko pasca kemenangan Donald Trump. Indeks saham Nikkei melonjak pada hari Senin, mengikuti pergerakan dari Wall Street pada akhir pekan lalu serta pelemahan yen dan data PDB Jepang yang lebih dari perkiraan. Untuk pasar ekuitas global lainnya berpotensi lanjutkan penguatannya di hari Senin seiring pasar saat ini yang cenderung menyukai aset beresiko.

Harga emas kembali tertekan di awal pekan, diseret oleh penguatan dollar AS yang masih lanjutkan kinerja positifnya pasca terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS, pelemahan emas berpotensi berlanjut jika ternyata data ekonomi China hasilnya pesimis.

Harga minyak memperpanjang pelemahannya untuk sesi ketiga pada hari Senin, diseret turun oleh ketakutan terhadap kondisi kelebihan pasokan karena OPEC pada akhir pekan lalu melaporkan bahwa produksi mereka pada bulan lalu mencetak rekor, selain itu yang berpotensi membebani harga minyak pada hari ini adalah laporan Baker Hughes pada hari Jumat bahwa jumlah aktifitas rig AS kembali naik.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty