Market Movers: Pasar Bersiap Nantikan Data ADP dan EIA

By on August 31, 2016

Perdagangan hari ini akan berpotensi terpengaruh dampak pelaporan data dari AS yaitu tenaga kerja swasta serta laporan suplai minyak. Optimisme pasar menjadikan indeks dolar bertahan di level tinggi lebih dari 2-pekan pada Rabu pagi, bahkan sebelum rilis data utama pekan ini Non-Farm Payrolls (NFP).

Harga minyak mentah menyentuh level rendah harian $45.74 per barel pagi ini, mencemaskan kenaikan 942.000 barel suplai minyak mentah AS pada pekan lalu berdasarkan data yang dikumpulkan institusi swasta American Petroleum Institute (API). Penguatan dolar AS pun menambahkan tekanan dalam perdagangan minyak mentah sekaligus emas.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movers hari ini:

  • ADP Non-Farm Employment Change (19:15 WIB)

Sektor swasta AS diperkirakan tetap mampu menambah 175.000 pekerja pada bulan Agustus dari penambahan 179.000 pada bulan Juli. Penguatan dolar AS berpotensi terjaga jika tidak ada perbedaan signifikan antara ekspektasi dengan data aktual menimbang rata-rata pertumbuhan tenaga kerja AS yang cukup stabil dalam 5-tahun terakhir (gambar 1).

Gambar 1. Grafik ADP Non-Farm 2011-2016 (sumber: tradingeconomics)

  • Crude Oil Inventories (21:30 WIB)

Pemerintah AS melalui Energy Information Administration (EIA) diekspektasikan akan melaporkan penambahan 1,1 juta barel suplai minyak mentah di AS pada pekan lalu, menambahkan kenaikan 2,5 juta barel suplai minyak AS pada pekan sebelumnya. Harga minyak mentah menjadi lebih rendah jika EIA mengonfirmasi ada penambahan suplai minyak di AS.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty