Market Movers: Kekhawatiran Menjelang Pidato Yellen Meredam ‘Risk Appetite’

By on August 26, 2016

Kehati-hatian pelaku pasar menjelang pidato Ketua Federal Reserve Janet Yellen dalam simposium Jackson Hole nanti malam telah meredam sentimen risiko pasar global pada awal perdagangan hari Jumat. Pasar saham was-was jika bank sentral AS akan mengisyaratkan kenaikan tingkat suku bunga jangka pendek, yang bisa mengalihkan sebagian dari likuiditas besar-besaran yang telah membanjiri pasar global.

Begitu pula di pasar mata uang, dimana para trader terlihat enggan mengambil posisi dalam jumlah besar dan lebih memilih untuk “wait and see”. Sehingga membuat pergerakan dollar terhadap rival rival utamanya menjadi cenderung terbatas.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movers hari ini:

Data Ekonomi Inggris
Office for National Statistics dijadwalkan untuk merilis estimasi kedua data GDP kuartal April-Juni pada pukul 15.30 WIB, yang mungkin akan menunjukkan ketahanan ekonomi Inggris menghadapi risiko ‘Brexit’ menjelang digelarnya referendum 23 Juni lalu. Revisi naik atas data tersebut bisa mendorong GBPUSD beranjak lebih tinggi, meskipun kenaikan mungkin masih akan terbatas seiring investor menantikan sinyal kebijakan Fed selanjutnya.

Data Ekonomi AS
Pemerintah AS akan merilis estimasi kedua data GDP kuartal ke-2 pada pukul 19.30, yang mungkin masih akan menunjukkan akselerasi pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia setelah sempat melambat di kuartal pertama. Data ini juga bisa mendukung pandangan bahwa ekonomi AS telah cukup kuat untuk menjamin 1 kali kenaikan suku bunga di tahun ini, sehingga mungkin bisa mendorong penguatan USD.

Pidato Ketua Federal Reserve AS
Pidato Ketua Fed Janet Yellen masih menjadi fokus utama pelaku pasar pekan ini. Yellen dijadwalkan untuk berpidato pada pukul 21.00 WIB. Pertemuan tahunan yang diadakan di Jackson Hole, Wyoming, ini biasanya selalu digunakan oleh Ketua Fed untuk mensinyalkan langkah kebijakan moneter selanjutnya. Sehingga memicu spekulasi bahwa Yellen akan melontarkan pandangan ekonomi yang hawkish, senada dengan pernyataan beberapa pejabat Fed lainnya pekan lalu, dan memperbesar peluang untuk kenaikan suku bunga di akhir tahun ini.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty