Market Movers: Dibukanya Kasus Hillary Clinton Buat Aset Safe Haven Menguat

By on October 31, 2016

Aset-aset safe haven, khususnya emas menguat setelah Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) membuka kembali kasus email-email capres AS Hillary Clinton. DIrektur FBI, James Comey, mengatakan akan melakukan langkah-langkah penyelidikan untuk mencari tahu apakah email tersebut berisi rahasia negara atau tidak.

Dibukanya kembali kasus tersebut menimbulkan menambah ketidakpastian situasi politik di AS jelang pemilu 8 November mendatang. Persepsi warga AS terhadap Hillary Clinton yang saat ini diunggulkan memenangi pemilu dapat berubah, menurunkan elektabilitas Hillary Clinton.

Dampaknya, bursa AS sempat merosot di hari Jumat, dan membawa sentimen negatif ke bursa Asia hari ini, sementara dollar juga terlihat melemah terhadap beberapa mata uang utama.

Selain kasus Hillary Clinton, beberapa data ekonomi yang mempengaruhi pasar hari ini antara lain:

Data dari Zona Euro
Akan dilaporkan penujualan ritel Jerman, inflasi, serta produk domestik bruto kuartal III. Dilihat prediksi secara keseluruhan, data-data ini memberikan peluang berlanjutnya penguatan EURUSD jika dirilis sesuai ekspektasi atau lebih baik. EURUSD saat ini sedang terkoreksi setelah reli tajam di hari Jumat, dan mengakhiri penurunan tiga pekan beruntun.

Data dari AS
Pada hari Jumat lalu, data pertumbuhan ekonomi AS kuartal III yang dirilis sebesar 2,9%, tertinggi sejak 2 tahun terakhir sepertinya semakin memperkuat probabilitas kenaikan suku bunga di bulan Desember.

AS hari ini akan melaporkan data Inflasi berdasarkan Personal Consumption Expenditures (PCE), yang dikatakan menjadi acuan inflasi Federal Reserve, rilis data yang lebih baik dari perkiraan dapat semakin meningkatkan probabilitas kenaikan suku bunga, meski dollar sedang tertekan akibat kasus Hillary Clinton. Data lain yang dirilis dari ini adalah belanja konsumen yang diperkirakan naik, dan dapat menjadi sentimen positif bagi dollar.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty