Kenaikan Harga Minyak Masih Terbatas Kendati OPEC Pangkas Output

By on January 20, 2017

Harga minyak terkoreksi tipis ke level $52.29 setelah lembaga IEA memperingatkan bahwa OPEC akan semakin berat menghadapi tantangan atas kenaikan laju produksi dari rival produsen minyak non OPEC, dalam peringatan terbaru nya atas janji kartel OPEC untuk memangkas laju produksi minyak sebesar 1.2 juta barrel per hari, atau pemangkasan hampir mencapai 4%.

OPEC, yang berisikan 13 negara kartel produsen minyak saat ini mengontrol sekitar 1/3 produksi minyak global, pada 30 November lalu berjanji untuk memotong output sebesar 1.2 juta barrel per hari. Selain itu juga ada 11 negara produsen minyak di luar grup OPEC, termasuk Russia yang telah sepakat untuk mengikuti program pemangkasan produksi sebesar 558 barrel per hari pada 10 Desember silam.

Sementara Saudi Arabia, negara eksportir minyak terbesar dunia baru mengeluarkan pernyataan bahwa sebagian besar peserta kini telah memangkas produksi melebihi dari janji semula. Namun berdasarkan laporan bulanan IEA, produsen lainnya justru menaikkan laju output seiring dengan kenaikan harga minyak yang semakin menjanjikan. Meski terdapat janji atas reduksi output dari Russia dan negara lainnya di luar OPEC, namun IEA menaikkan estimasi pertumbuhan produksi minyak non-OPEC sebanyak 175,000 barrel per hari di tahun ini, dengan estimasi kenaikan menjadi 380,000 barrel per hari.

Kenaikan output tersebut kebanyakan berasal dari output shale oil dari Amerika Serikat, yang telah tumbuh 170,000 barrel per hari di 2017, dikarenakan industri shale oil tersebut terbukti lebih efisien di era level harga minyak yang lebih murah saat ini.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty