JP Morgan : Borong Emas, Jauhi Saham

By on March 21, 2016

Lembaga jasa keuangan global, JP Morgan mengatakan reli yang terjadi di bursa saham akan terhenti, dan investor cenderung akan beralih membeli emas.

Indeks Dow Jones dan S&P 500 telah mengalami rebound secara dramatis menghapus kerugian yang terjadi di tahun lalu. Secara faktual, reboundnya Dow Jones merupakan pencapaian pertengahan kuartal terbaik sejak 1933.

Namun Kepala Riset Derivatif dan Kuantitatif JPMorgan, Marko Kolanovic, dalam sebuah wawancara di acara “Fast Money” di saluran tv CNBC menyatakan penguatan ini memiliki risiko.

Kolanovic, yang pernyataannya selalu didengar pelaku pasar di industri hedge fund, mengatakan reli yang terjadi sejak 11 Februari lalu ini lebih karena faktor teknikal.

Pola perdagangan yang mengalami rebound setelah terjadi koreksi dalam di tahun sebelumnya sudah menjadi pola umum. Karena penguatan pasar saham digerakkan oleh faktor repositioning, ia melihat alasan akan adanya risiko besar.

“Meskipun risiko perlahan sirna, saya bisa katakan secara fundamental … anda berpotensi mendapat return 5 persen namun juga  potensi loss 10 persen, jadi ini bukan hal yang baik,”kata Kolanovic.

Dia menyebut investor sebaiknya bertahan dengan perdagangan emas, meskipun telah terjadi kenaikan harga emas secara signifikan.  Kebijakan Bank Sentral AS yang lebih adem ayem “memberikan tekanan pada dollar dan memberi ruang kenaikan harga emas.”

Dari sisi politis, peluang Donald Trump yang makin besar memenangkan kursi kepresidenan memberi ruang koreksi bagi dollar AS,  karena rencana kebijakan Trump yang lebih memperketat perdagangan, seperti pengenaan tarif masuk tinggi bagi barang-barang asal China. “Secara umum, dollar AS akan di bawah tekanan jika kebijakannya seperti ini,” imbuh Kolanovic.

Prediksi akurat dari Kolanovic mengenai pasar dan kebijakan pemerintah antara lain pernyataannya mengenai akan adanya koreksi besar sejumlah pasar besar dunia di paruh kedua tahun 2015. Yang terbaru, prediksinya mengenai reboundnya harga emas dan minyak mentah yang dikemukakannya di acara “Fast Money” 8 Februari lalu. Sejak itu, harga emas dan minyak naik, masing-masing 8 persen dan 30 persen.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty