Isu Pengunduran Diri Carney Warnai Gerakan GBPUSD

By on October 31, 2016

Gubernur Bank of England, Mark Carney, berada dalam tekanan untuk mengundurkan diri sebelum berakhir sebelum masa kerjanya berakhir oleh para pendukung Brexit. Carney dianggap mendukung Inggris untuk bertahan di Uni Eropa, sementara bank sentral merupakan suatu institusi yang independen, dan terhindar dari nuansa politik.

Masa kerja Carney berakhir pada 2018, dan dapat diperpanjang hingga 2021. Isu menyebutkan jika Carney akan mengumumkan apakah akan mengundurkan diri di 2018, atau akan melanjutkan hingga 2021 pada rapat kebijakan moneter pada hari Kamis pekan ini. BoE telah membantah isu tersebut.

Carney pada pekan lalu sempat mengatakan akan mengumumkan keputusan “pribadi” apakah akan mengundurkan diri di tahun 2018 atau melanjutkan masa kerjanya hingga 2021.

BoE saat ini berada dalam tekanan untuk mengakui salah memprediksi dampak Brexit terhadap perekonomian Inggris. Hingga saat ini belum terlihat dampak negatif yang signifikan dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa, pertumbuhan ekonomi di kuartal III sebesar 0,5%, lebih rendah dari kuartal II sebesar 0,7%, namun lebih baik tinggi perkiraan ekonom 0,3%.

Hanya poundsterling yang merosot tajam pasca Brexit, ditambah dengan penurunan suku bunga serta penambahan pembelian aset BoE pada bulan Agustus lalu membuat kurs sterling semakin merosot dan inflasi diperkirakan akan melampaui target 2% di 2017. Kenaikan tajam inflasi tersebut berpotensi memukul sektor belanja rumah tangga, yang turut menyeret pertumbuhan ekonomi Inggris.

Jika Carney mengumumkan pengunduran diri pada hari Kamis, pasar kemungkinan akan mengaitkan hal tersebut dengan spekulasi kesalahan prediksi dari BoE. Jika hal tersebut terjadi, GBPUSD kemungkinan akan kembali melemah, setidaknya di pasca pengumuman tersebut akibat ketidakpastian akan pemimpin BoE kedepannya.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty