Inflasi Juni Sebesar 0,66 Persen

By on July 1, 2016

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa laju inflasi pada Juni 2016 sebesar 0,66 persen, dengan inflasi tahun kalender berjalan Januari-Juni 2016 mencapai 1,06 persen, dan inflasi tahun ke tahun 3,45 persen. kenaikan tarif angkutan udara sejak awal Juni hingga menjelang musim arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1437 Hjiriah, menjadi penyumbang terbesar inflasi Juni 2016 yang sebesar 0,66 persen.

Suryamin mengatakan kenaikan tarif angkatan udara pada Juni 2016 dari Mei 2016 sebesar 8,27 persen, dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,08 persen. Sedangkan bobot tarif angkutan udara pada konsumsi masyarakat, kata Suryamin, sebesar 1,02 persen.

“Ini mencakup sejak awal Juni 2016 karena sudah banyak libur juga, hingga data kemarin (Kamis), saat sudah banyak yang mudik,” ucap Suryamin, seperti dikutip Antara.

Kenaikan tarif angkatan udara tertinggi terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur sebesar 46 persen dan Tarakan, Kalimantan Utara 38 persen.

Sedangkan penyumbang inflasi terbesar kedua adalah kenaikan harga daging ayam ras sebesar 5,63 persen dengan andil terhadap inflasi 0,07 persen dan bobot di konsumsi masyarakat sebesar 1,26 persen.

Kemudian, kontributor inflasi ketiga adalah ikan segar dengan kenaikan harga sebesar 2,15 persen denan sumbangan terhadap inflasi 0,06 persen. Bobotnya pada konsumsi masyarakat sebesar 2,66 persen.

Komoditas keempat terbesar penyumbang inflasi adalah telur ayam, dengan kenaikan harga sebesar 5,86 persen, dan sumbangannya sebesar 0,04 persen. Bobot konsumsi masyarakat untuk telur ayam adalah sebesar 0,73 persen.

Komoditas kelima terbesar penyumbang inflasi adalah gula pasir dengan andil 0,04 persen, dan kenaikan harga 6 persen. Bobot gula pasir dalam konsumsi masyarakat sebesar 0,55 persen.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty