Harga Minyak Bisa Kembali Turun di Akhir Tahun

By on December 1, 2016

Harga minyak mentah melonjak lebih dari sepuluh persen, Kamis, bahkan kini telah menembus $50 per barel setelah OPEC dan Rusia sepakat untuk mengurangi produksi guna mengatasi membanjirnya pasokan global.

Minyak WTI pada pukul 13.48 WIB diperdagangkan di harga $50,08 per barel atau naik 1,29% dibanding penutupan Rabu sehingga selama dua hari harga telah naik 10%.

Namun, kenaikan harga belum dianggap aman. Sejumlah analis memperingatkan harga bisa kembali turun bulan ini karena produsen lainnya di luar negara yang bersepakat siap untuk mengisi kesenjangan tersebut dalam jangka panjang.

Karena pemotongan tersebut baru berlaku mulai tahun depan, suplai minyak ke pasar untuk sisa 2016 masih tetap tinggi. Broker komoditas Marex Spectron menilai fondasi kenaikan harga akan menjadi rapuh.

Kesenjangan produksi minyak diperkirakan oleh tim analis Goldman Sachs akan diisi minyak shale yang diproduksi AS. Goldman Sachs sendiri memperkirakan harga minyak akan sampai level $55 per barel hingga semester I-2017 dan tidak akan bertahan di angka itu dan tertekan kembali oleh peningkatan produksi minyak dari negara di luar OPEC terutama AS yang memproduksi shale.

Bank investasi Barclays menegaskan kesepakatan di Wina semalam merupakan kesepakatan untuk membatasi tingkat produksi, bukan tingkat ekspor.

“Hasil ini sesuai dengan perkiraan.tingkat produksi OPEC pada 2017 terlepas dari dicapainya kesepakatan tersebut,” imbuh Barclays.

Rabu malam, Organisasi Negara Eksportir Minyak (OPEC) sepakat untuk mengurangi produksi, dimana kesepakatan ini merupakan kali pertama sejak 2008, setelah pemimpin de-facto kartel itu, Arab Saudi, mengambil bagian terbesar dari program pemangkasan tersebut, yakni 486 ribu barel per hari.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty