Brexit Bisa Berdampak Buruk ke Negara Emerging Market

By on June 23, 2016

Banyak yang telah diutarakan mengenai dampak jika Inggris keluar dari Uni Eropa kepada perekonomian Inggris. Namun ternyata dampak buruk tidak hanya dialami Inggris namun juga negara-negara emerging market.

Pengamat pasar memprediksi ada pelarian modal global ke  aset yang lebih aman. Dan itu, pada gilirannya, kemungkinan akan mencakup mundurnya investor dari negara-negara berkembang di dunia.

“Kami percaya ada ruang yang signifikan untuk downside dalam hal Inggris keluar,” Yianos Kontopoulos, analis di UBS, kepada CNBC, Rabu.

Dalam hal pasar negara berkembang konsultan riset ekonomi Capital Economics mengatakan negara cenderung paling terpukul sebagai dampak Brexit adalah mereka dengan defisit transaksi berjalan tertinggi. Negara-negara ini antara lain Kolombia, Afrika Selatan, Peru dan Turki, yang memiliki defisit lebih dari 4 persen dari PDB.

“Ini adalah ekonomi yang paling bergantung pada pendanaan eksternal dan modal luar negeri mereka untuk belanja. Setiap percepatan arus asing benar-benar bisa menyakiti negara-negara ini,” ujar Capital Economics. Negara lain yang bisa menerima dampak buruk termasuk Meksiko, Argentina dan Brazil, yang semuanya mengalami defisit lebih dari 2 persen dari PDB.

Simon Quijano-Evans, kepala riset pasar berkembang di Commerzbank, setuju dengan pemikiran ini.

Negara-negara  Amerika Latin adalah negara-negara yang banyak melakukan ekspor ke Uni Eropa sehingga Brexit akan berdampak ke mereka, sementara negara emerging market di Asia yang menganut ekonomi terbuka  akan terkena efek sekunder karena Brexit akan berdampak pada pertumbuhan global , “kata Quijano-Evans.

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty