Beberapa Hal yang Bikin Emas Ketar-Ketir

By on January 16, 2015

Apakah Anda sadar soal kinerja emas yang agak aneh belakangan ini? Beberapa waktu lalu, terpantau penurunan dan kenaikan harga yang terjadi tidak begitu signifikan, bahkan bisa dikatakan bergerak stagnan. World Gold Council, sebuah lembaga pencatat jumlah permintaan emas untuk investasi, perhiasan dan juga volume pembelian bank sentral merekam sebuah data performa emas. Salah satunya adalah pembelian yang datang dari dua negara konsumen terbesar dunia, yakni India dan China turun drastis melampaui jumlah permintaan dari bank sentral.

Sesuai dengan data yang disajikan oleh WGC, permintaan pasokan emas memang mengalami kejatuhan hingga level terendah dalam waktu lebih dari 2tahun. Jumlah permintaan emas investasi dan perhiasan dari India (konsumennomor satu dunia) jeblok hingga 38% menjadi 181,3 ton  di kuartal II. Padahal triwulan II tahun 2011, permintaan dari India capai 294,5 ton. Penurunan demand tersebut besar dugaan disebabkan oleh tingginya bea masuk impor dan harga yang makin mahal karena penurunan nilai tukar rupee. Kondisi yang sejenis juga terjadi di pasar China (pasar emas terbesar setelah India).permintaan investasi dan perhiasan turun hingga 7% ke 144,9 ton di triwulan II dari yang semula 156,6ton di kuartal pertama pada tahun lalu. Sementara demand emas untuk investasi jatuh 4% (year on year) ke 51,1 ton pasca investor negara tersebut batasi volume pembelian karena menilai arah harga emas saat ini yang belum jelas. Isu perlambatan ekonomi global turut menghambat momentum penguatan lebih lanjut. Andai saja emas urung beranjak dari range $1,550-$1,630/40, apakah harga tetap tidak ada perubahan dalam beberapa bulan ke depan? Beberapa hal yang jadi penentu arah harga emas:

  • Krisis Eropa
    Krisis hutang yang melanda Eropa dipastikan akan terus membawa pengaruh terhadarp harga emas. Saat ini USD konsisten menjadi pilihan safe haven saat kondisi ekonomi benua biru belum membaik. Namun jika situasi Eropa makin parah, emas akan dipilih oleh investor sebagai media untuk memarkir dana. Setelah 2tahun krisis berlangsung, mungkinkah Euro Zone akan kolaps? Kemungkinan itu tetap ada, namun resikonya makin berkurang dibandingkan tahun lalu dan di semester pertama 2012.
  • Kebijakan Bank Sentra
    Inilah salah satu momentum yang berpotensi memberi pengaruh besar bagi harga emas yakni kebijakan dari Federal Reserve Bank (The Fed) perihal pelonggaran kuantitatif. QE3 yang terjadi pada 13 September lalu ternyata berdampak pada kejatuhan USD dikarenakan nilai mata uang kertas turun seketika. Seiring dengan hal itu, emas juga melakukan lompatan tinggi hingga sentuh 1.777.77 per troy ons.
  • Permintaan dari India dan China
    Analisa dari World Gold Council memprediksi bahwa permintaan India turun menjadi 650-750 ton pada tahun ini dari 933 ton pada 2011. Sementara permintaan di China diperkirakan naik 10% menjadi 850 ton. Inflasi adalah salah satu alasan terbesar kenapa investor melakukan pembelian emas. Jelas inflasi sekarang ini sangatlah rendah, selain itu pertumbuhan ekonomi juga sangatlah lamban, sehingga masih agak sulit untuk melihat kenaikan permintaan yang drastis pada emas.
  • Pembelian dari Bank Sentra
    Ini adalah satu-satunya pilar yang bisa menjaga harga emas tetap stabil. Pembelian dari bank sentral masih tetap solid dengan peningkatan dari 96.7 ton pada kuartal I menjadi 157.5 ton pada kuartal II tahun ini. Jika hal ini berlanjut di paruh kedua 2012, total pembelian bank sentral bisa mencapai lebih dari 500 ton, atau juga bisa melebihi catatan tahun lalu yang sebesar 457.9 ton.
    Dari beberapa faktor yang ada di atas, satu-satunya hal yang dapat memicu kenaikan harga emas cukup besar adalah pembelian dari bank sentral. Yang lain juga membawa pengaruh bagi kinerja emas, namun tidak sesignifikan faktor yang terakhir.
askmisstrader

About askmisstrader

Website ini merupakan kumpulan dari para trader yang senang menulis, berbagi dan punya semangat untuk maju yang tinggi.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty