Analisa 20 Januari 2017: Pidato Trump Dan Yellen, GDP China, Retail Sales Inggris

By on January 20, 2017

Jam 08:00 WIB: pidato ketua The Fed Janet Yellen (Berdampak tinggi pada USD)
Janet Yellen dijadwalkan berbicara di Stanford Institute for Economic Policy Research, San Francisco, dengan judul “The Economic Outlook and the Conduct of Monetary Policy”. Isi pidato Yellen bisa dibaca disini.

Jam 09:00 WIB: data Gross Domestic Product (GDP) China kwartal ke 4 tahun 2016 (Berdampak tinggi pada AUD dan NZD)
GDP menyatakan nilai total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam periode waktu tertentu dan dianggap sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi yang biasanya diumumkan per kwartal. Di China data ini dirilis oleh biro statistik nasional. Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan kwartal yang sama pada tahun sebelumnya (quarter per year atau q/y), dan perubahan per kwartal (quarter per quarter atau q/q). Data pertumbuhan China bisa berdampak pada pasar karena pengaruh China pada perekonomian global yang dianggap signifikan.

Sejak pertengahan tahun 2013 pertumbuhan ekonomi China (q/y) cenderung terus turun akibat perlambatan investasi di sektor manufaktur dan properti. Kwartal ke 3 tahun 2016 GDP China q/y tumbuh 6.7%, sesuai dengan perkiraan dan sama dengan dua kwartal sebelumnya yang merupakan pertumbuhan tertendah sejak tahun 2014. Sementara untuk basis per kwartal (q/q) GDP kwartal ke 3 tahun 2016 tumbuh 1.8%, lebih rendah dari kwartal kedua yang tumbuh 1.9%.

Pertumbuhan kwartal kedua tersebut terutama disebabkan oleh meningkatnya investasi fixed asset dan investasi sektor swasta, naiknya output industri dan meningkatnya penjualan retail. Untuk kwartal ke 4 tahun 2016 diperkirakan GDP China q/y akan kembali tumbuh 6.7% dan q/q akan tumbuh 1.7%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung berdampak positif pada AUD, NZD dan EUR.

Jam 09:00 WIB: data Industrial Production China bulan Desember 2016 (Berdampak tinggi pada AUD dan NZD)
Indikator yang disebut juga dengan Industrial Output ini mengukur hasil produksi yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan dan industri lainnya di China. Karena China merupakan partner dagang utama Australia, Canada dan Uni Eropa, maka perubahan output industri yang merupakan penggerak utama ekonomi China akan sangat mempengaruhi kondisi perekonomian partner dagangnya.

Industrial Production dianggap sebagai salah satu indikator awal bagi laju perekonomian China. Hasil rilis berupa persentase perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Bulan Nopember 2016 lalu output industri China y/y naik 6.2%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 6.1% dan yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir, sementara untuk m/m naik 0.51%, juga tertinggi dalam 3 bulan. Pada bulan Nopember 2016 sektor manufaktur naik 6.7%, industri gas, air bersih dan listrik naik 9.9% tetapi sektor pertambangan turun 2.9%. Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan output industri China y/y akan kembali naik 6.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD dan NZD menguat.

Jam 16:30 WIB: data Retail Sales Inggris bulan Desember 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Retail Sales adalah salah satu indikator penting yang bisa menggerakkan mata uang GBP. Di Inggris indikator ini disebut juga dengan Sales Volume atau All Retailers Sales. Ada 2 jenis rilis, Retail Sales total dan Retail Sales inti yang tidak termasuk otomotif dan bahan bakar, masing-masing untuk month over month (m/m) yaitu persentase perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

Penjualan retail merupakan indikator awal untuk pengeluaran konsumen dan akan berdampak pada pertumbuhan dan juga tingkat inflasi. Di Inggris yang berdampak tinggi adalah Retail Sales total baik m/m maupun y/y.

Penjualan retail total Inggris bulan Nopember 2016 lalu naik 0.2%%, sesuai dengan perkiraan dan lebih rendah dari bulan Oktober yang naik 1.8% (revisi dari data sebelumnya yang naik 1.9%), sementara untuk basis tahunan (y/y) bulan Nopember 2016 penjualan retail total naik 5.9%, juga sesuai perkiraan dan lebih rendah dari bulan sebelumnya yang naik 7.5%. Pada bulan Nopember 2016 penjualan toko selain makanan naik 0.3%. Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan Retail Sales total m/m akan turun 0.1% (atau -0.1%) sementara y/y akan naik 7.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 20:30 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Canada bulan Desember 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
Indikator yang mengukur tingkat inflasi ini dirilis oleh Biro Statistik Canada. Pada waktu yang bersamaan dirilis CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti disebut juga dengan Bank of Canada Core CPI dan tidak memperhitungkan harga makanan dan energi. Masing-masing dirilis untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan data bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Baik CPI inti maupun CPI total (m/m dan y/y) keduanya berdampak tinggi.

Bulan Nopember 2016 lalu CPI total y/y (inflasi tahunan) naik 1.2%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.4% dan juga lebih rendah dari Oktober yang naik 1.5%, sementara untuk m/m turun 0.4% (atau -0.4%), lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 0.1% dan yang terendah sepanjang tahun 2016. Naiknya inflasi tahunan bulan Nopember 2016 terutama disebabkan oleh meningkatnya biaya transportasi (+1.4%), harga otomotif (+3.0%) dan biaya sewa tempat tinggal (+2.1%).

Sementara CPI inti bulan Nopember 2016 y/y naik 1.5%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 1.8% dan yang terendah dalam setahun terakhir, untuk m/m turun 0.5%, lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 0.1% dan yang terendah dalam 6 bulan terakhir. Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan CPI total y/y dan CPI inti y/y akan kembali naik 1.7% dan CPI total m/m akan stagnan atau 0.0%, sementara CPI inti m/m akan naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Jam 20:30 WIB: data Retail Sales Canada bulan Nopember 2016 (Berdampak tinggi pada CAD)
Indikator ini mengukur pesentasi perubahan volume penjualan retail selama periode sebulan. Penjualan retail menunjukkan tingkat pengeluaran konsumen yang akan berdampak pada tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi Canada. Ada 2 rilis, penjualan retail inti (Core Retail Sales) yang tidak termasuk otomotif, dan penjualan retail total. Biasanya yang berdampak tinggi adalah data month over month (m/m) atau yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya.

Bulan Oktober 2016 lalu penjualan retail total di Canada m/m naik 1.1%, jauh lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.2% dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak Januari tahun lalu, sementara penjualan retail inti m/m naik 1.4%, juga lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.7% dan juga yang tertinggi sejak Januari tahun lalu. Kenaikan penjualan terutama terjadi pada toko pakaian dan accessories (+1.4%), stasiun bahan bakar (+3.8%), toko makanan dan minuman (+1.1%) dan jenis toko yang lain (+2.4%).

Dalam basis tahunan (y/y) yaitu yang dibandingkan dengan bulan Oktober 2015, retail sales total di Canada naik 3.8%, tertinggi dalam 6 bulan terakhir. Untuk bulan Nopember 2016 diperkirakan Retail Sales total m/m akan kembali naik 0.5% dan Core Retail Sales m/m akan naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Jam 21:00 WIB:  pidato pelantikan presiden AS Donald Trump (Berdampak tinggi pada USD)
Presiden AS ke 45 Donald Trump dijadwalkan akan memberikan pidato pada upacara pelantikannya hari ini di Washington DC.

Berbeda dengan biasanya, upacara pelantikan kali ini akan diboikot oleh sejumlah anggota kongres dari partai Demokrat. Sebelumnya pasar merespon negatif pernyataan Trump pada konperensi pers karena tidak menyampaikan detail rencana kebijakan fiskal maupun proyeksi ekonomi AS. Upacara pelantikan dan pidato Trump bisa dipantau di: https://www.whitehouse.gov/live

Jam 21:00 WIB: pidato anggota FOMC Patrick Harker (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia yang juga anggota FOMC Patrick Harker dijadwalkan berbicara mengenai perekonomian AS di New Jersey.

 

 

 

 

Oleh: Martin (seputarforex.com)

askmisstrader

About askmisstrader

Jangan ragu untuk bergabung, berdiskusi dan berbincang bersama kami tentang dunia bisnis keuangan khususnya pialang berjangka. Akan ada banyak tips menarik dan analisa mendalam yang bukan sekadar curahan hati para trader tapi juga penuh dengan semangat untuk kemajuan.
Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty